M / 23 Zulhijjah 1442 H

Berita

IN HOUSE TRAINING IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI

Tanggal : 07/06/2021, 14:37:09, dibaca 432 kali.

Responsive image

Dalam mempersiapkan generasi bangsa Indonesia yang mampu berperan aktif dalam percaturan global, maka perlu adanya sebuah perubahan dan pembaharuan yang bersifat fundamental melalui perbaikan dari hasil evaluasi kurikulum sebelumnya yang lebih mendasar dalam memaknai filosofi pendidikan di Indonesia. Seperti pendapat yang dikemukakan oleh Ki Hadjar Dewantara yang menegaskan bahwa Pendidikan adalah tempat persemaian benih benih kebudayaan. Bak gayung bersambut, penunjukkan SMA Negeri 1 Kota Sukabumi sebagai salah satu satuan pendidikan yang akan mendapat legalitas dan kepercayaan untuk menerapkan Program Sekolah Penggerak merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT. Karena berkat penunjukkan tersebut SMA Negeri 1 Kota Sukabumi dapat berkolaborasi dan hadir di garda terdepan sebagai ruang yang dapat melahirkan benih – benih kebudayaan. Kebudayaan disini dapat dimaknai sebagai sebuah peradaban bangsa yang menjungjung tinggi nilai nilai kemanusiaan yang kemudian menuntut bahwa penyelenggaraan pendidikan harus bersifat adaptif mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman yang berlaku pada setiap masa dimana generasi itu terlahir.

Beranjak dari anugerah dan nilai luhur itulah, maka SMA Negeri 1 Kota Sukabumi akan hadir sebagai sekolah pelopor yang dengan penuh keseriusan dan kesadaran untuk ikut serta berperan aktif didalam menyelenggarakan perubahan - perubahan pendidikan yang mampu menjawab tantangan abad ke 21. Melalui keikut sertaan di dalam merealisasikan Program Sekolah Penggerak tahun 2021 adalah bukti nyata kepedulian lembaga untuk menyelenggarakan dan menghadirkan Kurikulum Merdeka Belajar yang merupakan transformasi penyempuranaan Kurikulum sebagai bagian fundamental di dalam pendidikan dan penyelengaraan proses pembelajaran. Program Sekolah Penggerak adalah salah satu program yang dicanangkan untuk menghadirkan figure Pelajar Pancasila yang mencakup 6 dimensi yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Berakhlak Mulia; Berkebinekaan Global; Bergotong Royong; Kreatif; Bernalar Kritis; dan Mandiri. Figure ini dinilai merupakan figure ideal sebagai jawaban atas tantangan dan tuntutan kecapakan abad 21. Motivasi dan keseriusan ini salah satunya terinterpretasi dari penyelenggaraan dan pelaksanaan In House Training Pelatihan Implementasi Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Kegiatan ini berlangsung selama 8 hari yang dimulai dari hari Senin tanggal 05 Juli 2021 sampai hari Selasa tanggal 13 Juli 2021 dengan diisi oleh para fasilitator yang memberikan pemahaman holistik dan terintegrasi tentang Penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak.

Semoga dengan hadirnya SMA Negeri 1 Kota Sukabumi sebagai satuan pendidikan penyelenggara Program Sekolah Penggerak dapat memfasilitasi dan memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan dan tantang zaman dan mampu mengoptimalkan minat dan bakat sesuai dengan kemauan siswa yang berkebhinekaan. Serta dengan penuh keseriusan dan pengharapan mampu menghadirkan dan melahirkan Profil pelajar Pancasila yang akan membawa bangsa Indonesia berperan aktif dalam percaturan global.


Sambutan Kepala Sekolah
...
Rachmat Mulyana,S.Pd, M.Hum
Selengkapnya
Link Banner
Profil Guru


Copyright © 2019. sman1sukabumi.sch.id Website engine's code CMS Balitbang versi 3.5. Tema Oleh gurukomline.com