Detail Publikasi Berita

SMA N 1 Sukabumi

0 komentar
Alasan GEOGRAFI harus menjadi alternatif MP WAJIB di SMA
blog
Keterangan & diskripsi gambar

http://adefathurahman.blogspot.com/2020/09/alasan-geografi-harus-menjadi.html

Sejak diperkenalkan sebagai sebuah studi pada era kajian casualistis, Geografi menjadi sebuah ensiklopedi pengetahuan yang komprehensif tentang fenomena muka bumi. 

Sejajar dengan perkembangannya, Geografi pun mulai menjadi sebuah studi yang tidak terjebak pada kesan sebuah ensiklopedi pengetahuan saja, melainkan menjadi sebuah studi yang mengkaji hubungan persamaan dan perbedaan fenomena yang terjadi dimuka bumi (causalistis).

Sangat menarik bagi para pelajar untuk untuk mengetahui banyak persamaan dan perbedaan karakteristik berbagai wilayah di permukaan bumi, baik secara fisik, maupun sosial.

Berbagai persamaan dan perbedaan karakteristik wilayah itulah yang kemudian menghasilkan terjadinya hubungan antar wilayah di permukaan bumi.

Betapa penting bagi para pelajar untuk fokus mengkaji interaksi antar wilayah dan Interaksi antar fenomena geosfer (kebumia), tidak hanya sebatas memperiapkan dirinya menghadapi Kompetisi global saat ini, bahkan jarua diarahkan pada kompetensi merencanakan dimasa yang akan datang secara kokektif. Artinya mereka harus mulai dilatih visioner dengan bekal potensi sumber daya alam dan kearifan lokal yg mereka miliki.

Maka, menjadi sebuah keniscayaan, jika Mata Pelajaran Geografi di Level Sekolah Menengah Atas (SMA) dipertahankan menjadi mata pelajaran tersendiri seperti sekarang ini.

Penyampaian Materi Pembelajaran Geografi harus berjalan efisien dan efektif. Maka mediator Mata. Pelajaran ini pun harus dilakukan oleh mediator yang secara khusus dididik untuk melakukan hal tersebut.

Menilik ruang lingkup Geografi yang sangat luas (fisik dan sosial) dan kajuan khas keruangan/ spatial (letak, luas dan batas), sangat akan tidak mencukupi, jika pengkajian studi ini dikemas dalam satu kajian bersama ilmu lainnya (ekonomi dan sisiologi) yg juga memiliki khas dan kompleksitas yang cukup tinggi.

Jika ditekaah lebih jauh, maka seharusnya Mata Pelajaran Geografi yang seharusnya dan layaj menjadi Mata Kuliah Wajib disemua peminatan yang ada.

Bagaimana tidak, karena tantangan dewasaini kedepan mengisyaratkan keniscayaan bagi semua orang mengetahui secara tepat tentang Wilayah yang didiaminya beserta karakteristik fisik dan sosial yang dimikiki wilayahnya, sehingga mampu mengembangkan potensi wilayahnya secara optimal dalam pergaulan global.

 

Sukabumi, 21 September 2020

Ade Fathurahman, S.Pd.

SMAN 1 Kota Sukabumi


Artikel lain terkait #Pendidikan