Detail Publikasi Berita

SMA N 1 Sukabumi

0 komentar
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Bulan Rabiulawal dalam kalender Hijriah memiliki makna yang mendalam bagi umat muslim. Hal ini tidak lepas dari kelahiran junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW. Tepat pada Selasa, 12 Rabiulawal 1443 H (19/10/2021) SMAN 1 Kota Sukabumi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW secara luring dan daring. Untuk dewan Guru dan Tata Usaha dilaksanakan di GOR SMAN R.H Didi Sukardi. Sedangkan, siswa dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom Meeting.

Acara ini berjudul “Spirit Maulid (Revolusi Moral Berbasis Akhlak Nabi Muhammad SAW)” dengan mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah untuk Memperkokoh Kebersamaan dan Kepedulian di Masa Pandemi” yang dibawakan oleh Ust. Abdul Kohar, S.Sos.I..M.M sebagai penceramah.

Peringatan maulid Nabi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SMAN 1 Kota Sukabumi yakni kolaborasi antara bidang Humas, kesiswaan, serta bekerja sama dengan KGMP PAI yang terdiri dari Ibu Ai Maryati, S.Pd, M.Ag, Bapak Dadan Abdullah, S.Ag, Bapak Budi Sihabudin, S.Pd.I, Ibu Nanan Wahyuni, S.Ag, dan Bapak H. Andri Kusnandar, S.Pd.I.

Acara diawali dengan pembacaan sari tilawah secara bersama-sama antara guru yang ada di GOR dan siswa secara daring melalui Zoom Meeting yang dipimpin oleh Bapak H. Andri Kusnandar. Kemudian, pemaparan susunan acara oleh MC yakni Ibu Ai Maryati, S.Pd, M.Ag, dan Ibu Nanan Wahyuni, S.Ag. Untuk mengawali acara peringatan maulid nabi dilaksanakan pembacaan Ayat suci Alquran oleh siswa SMAN 1 Kota Sukabumi yakni ABDILAH NAZRIL FAUZI dari kelas 11 IPA 6.

Selanjutnya, sambutan kepala  SMAN 1 Kota Sukabumi, Bapak Rachmat Mulyana, S.Pd, M.Hum. beliau menyampaikan bahwa peringatan maulid nabi Muhammad ini harus menjadi suri tauladan yang baik bagi kita terutama para siswa SMAN 1 Kota Sukabumi. Serta membaca, mempelajari, memahami, dan memaknai berbagai macam literatur tentang Nabi Muhammad SAW dalam rangka meningkatkan dan menjaga cinta kita kepada Rasulullah SAW.

Acara inti dari penringatan maulid nabi dengan tausyiah dari Ust. Abdul Kohar, S.Sos,I.,M.M. beliau menjelaskan bahwa Disadari atau tidak telah terjadi banyak pergeseran nilai moral di masyarakat. Tidak saja masalah degredasi namun perlunya rekonstruksi kiembali nilai-nilai moral pasca pandemi. Diantara tugas Nabiyullah Muhamaad SAW adalah menyempurnakan akhlak manusia yang nilai relevenasinya berlaku sepanjang masa. Semoga dengan menjadikan momentum maulid Nabi sebagai titik awal membumikan akhlak mulia Nabi dalam kehidupan kekinian.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tentunya menjadi sebuah keharusan bagi umat muslim terutama di kalangan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan pribadi peserta didik yang sesuai dengan akhlak Rasulullah SAW.

Semoga Allah SWT meridhoi.
Aamiin


Berita lain terkait #Kegiatan